Sabtu, 05 November 2016

Tips Memperbaiki Sepatu yang Rusak dengan Mudah

Sepatu yang kita beli tentu merupakan sepatu terfavorit yang ingin kita miliki. Tak heran, jika untuk ke depannya, sepatu tersebut akan lebih sering dipakai dibanding alas kaki lainnya.

Namun, karena sering dikenakan maka sepatu Anda pun akan mengalami aus dan rusak. Tentu menjadi hal yang menyebalkan jika koleksi yang kita sayangi mengalami rusak. Tapi bukan berarti lantas kita membiarkan kerusakan tersebut dan menjadikannya semakin parah.

Untuk mengatasi kerusakan pada sepatu, dapat kita lakukan secara mandiri. Selain lebih irit, cara ini pun mampu memperpanjang umur sepatu kesayangan Anda.

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki sepatu yang rusak dengan mudah :



Memperbaiki Sepatu yang Robek atau Berlubang


Kasus yang lumayan sering terjadi adalah sepatu rusak karena robek atau berlubang. Biasanya kasus ini terjadi pada sepatu berbahan kain kanvas. Sepatu sejenis ini memang banyak dipakai anak muda karena lebih nyaman dan tidak terlalu formal. Robek atau berlubang ini bisa disebabkan oleh gesekan dengan benda yang merusak struktur rajutan kain kanvasnya. Agar tidak semakin meluas, Anda bisa menambal lubang atau robekannya dengan cara berikut:


  • Siapkanlah peralatan

Anda bisa memulai dengan menyediakan sebuah plaster kain seperti untuk membalut luka, Anda bisa mewarnainya dengan alat tulis atau apapun agar warnanya bisa sama dengan warna sepatu Anda. Atau jika Anda suka, Anda bisa membiarkan warna plaster ini seperti apa adanya, yakni menyerupai warna kulit manusia. Selain itu siapkanlah lakban, gunting, kertas koran dan yang terpenting adalah lem superglue.

  • Bersihkan sepatu sebelum di lem

Jika semuanya telah siap, mulailah untuk menggelar kertas koran agar tidak terjadi ceceran lem yang akan merusak lantai. Lem superglue banyak kita temui dengan harga yang terjangkau, gunakanlah lem ini untuk memperbaiki sepatu Anda. Bersihkan dulu sepatu anda, terutama dibagian yang akan diperbaiki. Bersihkan dari debu dan minyak karena dua hal ini akan membuat lem tidak merekat kuat. Pastikan bagian yang akan diperbaiki ini benar-benar bersih dan kering.



  • Lapisi bagian dalam sepatu Anda dengan lakban dibagian yang berlubang

Ini bertujuan agar lem tidak merembes masuk ke bagian dalam sepatu Anda. Setelah bagian dalamnya dilakban, tempelkan plaster pembalut di bagian sepatu yang berlubang. Jika lubangnya cukup besar, Anda bisa menggunakan lebih dari satu lapisan plaster untuk menutupinya. Usahakan plaster merekat dan tetap ditempatnya sebelum Anda mengoleskan lem.

  • Oleskan lem

Lem ini kita oleskan ke seluruh permukaan plaster. Lem jenis superglue ini mempunyai sifat meresap di permukaan kain sehingga kita perlu meratakannya. Hati-hati saat meratakan karena lem ini sangat cepat kering, mudah menguap dan juga daya rekatnya yang sangat kuat.

Setelah dirasa sudah cukup merata biarkan mengering. Biasanya sepatu Anda akan menjadi kaku beberapa saat karena struktrunya berubah. Namun lama-lama strukturnya akan kembali mengikuti struktur kaki Anda sehingga bisa kembali nyaman digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar